Path: Top > Research_Report > NIHRD > 2000

PENGEMBANGAN QUALITY ASSURANCE PELAYANAN USAHA KESEHATAN GIGI SEKOLAH (UKGS) PADA ANAK SD DI PUSKESMAS (TAHAP I)

Research Report from JKPKBPPK / 2013-02-18 00:08:09
By : Niniek Lely Pratiwi, SK Poerwani BS, Kusmi Rahayu S, Puslitbang_Pelayanan_dan_Teknologi_Kesehatan
Created : 2013-02-17, with 0 files

Keyword : quality assurance, UKGS

Rendahnya kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut di puskesmns akan memberikan dampak mudah terjadinya karies sekunder yang akan menambah semakin tingginya kesakitan gigi dan mulut masyarakat, di samping mudah tertularnya penyakit menular antar pasien maupun antar pasien dan petugas kesehatan. Rendahnya kualitas pelayanan ini didapat dari hasil observasi pada saat pre-test maupun penelitian terdahulu didaerah lain (kab.Gresik th 1997) dimana 50% kegiatan perawatan tidak sesuai prosedur yang seharusnya dilakukan seperti kurangnya kesadaran akan pemakaian betadine pada saat sebelum anestesi mapun sesudah pasca pencabutan, mesin bur yang macet maupun mata bur yang sudah aus, belum terbiasanya memakai masker dan sarung tangan pada saat melakukan pelayanan dan masih banyak lagi tahapan medis yang tidak dilaksanakan yang seharusnya dilakukan.

Oleh karena itu diperlukan suatu alat pemantau untuk menjaga mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut (quality assurance) yang akan memberikan hasil perawatan yang aman, nyaman, dan efektif bagi pasien dalam palayanan kesehatn gigi dan muiut. Dimana fungsi utama quality assurance sebagai alat pemantauan yang objektif, yang akan memberikan penilaian yang objektif pula dan dapat berfungsi sebagai koreksi untuk tindakan yang kurang baik dari sisi medis.

Penelitian tahap I memberikan hasil beberapa perangkat quality assurance yang berupa Daftar tilik dan buku perunjuk dari setiap prosedur pelayanan UKGS di Puskesmas, di Sekolah mauprin POA dan Protap UKGS. Daftar tiIik supervisi dan monitoring bagi petugas kesehatan dari Dati II. Selain beberapa perangkat daftar tilik juga model sistem supervisi dan monitoring dalam rangka pelaksanaan quality assurance. Daftar tilik, buku petunjuk, model sistem supervisi dan monitoring berdasarkan hasil pembahasan dan komitmen pada saat lokakarya Quality assurance.

Description Alternative :

Rendahnya kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut di puskesmns akan memberikan dampak mudah terjadinya karies sekunder yang akan menambah semakin tingginya kesakitan gigi dan mulut masyarakat, di samping mudah tertularnya penyakit menular antar pasien maupun antar pasien dan petugas kesehatan. Rendahnya kualitas pelayanan ini didapat dari hasil observasi pada saat pre-test maupun penelitian terdahulu didaerah lain (kab.Gresik th 1997) dimana 50% kegiatan perawatan tidak sesuai prosedur yang seharusnya dilakukan seperti kurangnya kesadaran akan pemakaian betadine pada saat sebelum anestesi mapun sesudah pasca pencabutan, mesin bur yang macet maupun mata bur yang sudah aus, belum terbiasanya memakai masker dan sarung tangan pada saat melakukan pelayanan dan masih banyak lagi tahapan medis yang tidak dilaksanakan yang seharusnya dilakukan.

Oleh karena itu diperlukan suatu alat pemantau untuk menjaga mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut (quality assurance) yang akan memberikan hasil perawatan yang aman, nyaman, dan efektif bagi pasien dalam palayanan kesehatn gigi dan muiut. Dimana fungsi utama quality assurance sebagai alat pemantauan yang objektif, yang akan memberikan penilaian yang objektif pula dan dapat berfungsi sebagai koreksi untuk tindakan yang kurang baik dari sisi medis.

Penelitian tahap I memberikan hasil beberapa perangkat quality assurance yang berupa Daftar tilik dan buku perunjuk dari setiap prosedur pelayanan UKGS di Puskesmas, di Sekolah mauprin POA dan Protap UKGS. Daftar tiIik supervisi dan monitoring bagi petugas kesehatan dari Dati II. Selain beberapa perangkat daftar tilik juga model sistem supervisi dan monitoring dalam rangka pelaksanaan quality assurance. Daftar tilik, buku petunjuk, model sistem supervisi dan monitoring berdasarkan hasil pembahasan dan komitmen pada saat lokakarya Quality assurance.

Copyrights : Copyright � 2001 by Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJKPKBPPK
OrganizationPuslitbang_Pelayanan_dan_Teknologi_Kesehatan
Contact NameIPD Badan Litbangkes
AddressJl. Percetakan Negara, 29
CityJakarta Pusat
RegionCempaka Putih
CountryIndonesia
Phone
Fax0214243944
Administrator E-mailipd@litbang.depkes.go.id
CKO E-mailipd@litbang.depkes.go.id

Print ...

Contributor...

  • Editor: Hilda